Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Sum-Sel

Laju arus globalisasi dan transformasi dewasa ini berkembang sangat cepat, hal ini ditandai dengan lahirnya berbagai teknologi canggih yang mendukung proses modernisasi. Salah satu produk teknologi yang saat ini sedang berkembang adalah internet.

Berdasarkan data yang dikutip KOMPAS.com- Total pengguna internet di Indonesia mengalami pertumbuhan sangat tinggi meski persentasenya masih kecil. Hal tersebut disampaikan Direktur Marketing First Media Dicky Moechtar, di sela juumpa pers, di Jakarta, Selasa (31/3).

Berdasarkan http://www.internetworldstats.com, pengguna internet tumbuh lebih 1.000 persen dalam 10 tahun terakhir. Untuk tahun 2008 total pengguna internet mencapai 25 juta.

Namun, bila dibandingkan dengan total penduduk Indonesia yang mencapai 237,5 juta jiwa, jumlah pengguna internet di Indonesia masih relatif kecil atau hanya sekitar 10 persennya saja. Padahal di Cina, pengguna internet mencapai 253 juta atau 19 persen terhadap jumlah populasi.

Di Indonesia masih relatif kecil. Untuk pengguna internet di Asia juga masih relatif kecil bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Asia atau hanya sekitar 657 juta pengguna.

Dicky menyebut, minimnya pengguna internet di Asia karena tarif internet di Asia masih terbilang mahal bila dibandingkan di AS ataupun di Eropa.

Lebih jauh ia mengatakan industri telekomunikasi dan teknologi di Indonesia diproyeksikan akan bernilai 3,2 miliar dollar AS di tahun 2009 dan akan berkembang menjadi 4,6 miliar dollar AS di tahun 2012 . Nilai pertumbuhan ini merupakan salah satu yang tertinggi di kawasan Asean. Hal ini dipicu oleh besarnya jumlah penduduk, masih kecilnya penetrasi PC, dan semakin terjangkaunya harga notebook dan laptop.

Berdasarkan data-data diatas  internet sangat potensial dalam mengembangkan potensi-potensi wilayah Indonesia khususnya Propinsi Sumatera Selatan. Propinsi Sumatera Selatan merupakan wilayah daratan dan kepulauan yang pada beberapa bagian terdiri atas rawa dan payau yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut serta daerah pegu­nungan, dan berada pada ketinggian antara 0-1.200 meter di atas permukaan laut. Lahan di Propinsi Sumatera Selatan sebagian besar telah dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian, hutan produksi, dan per­tambangan. Selain itu, sumber daya lainnya yang dimiliki adalah minyak dan gas bumi dan bahan galian golongan C yang potensial untuk dikembangkan.

Potensi sumber daya alam Sumatera Selatan yang sangat potensial dibutuhkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di era globalisasi. Sebagai upaya untuk menyelaraskan kedua potensi tersebut, maka dalam hal ini Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan. melakukan berbagai upaya, diantaranya dengan memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk mengembangkan kreatifitasnya melalui blog.

Budaya ngeblog adalah budaya membaca dan menulis dalam skala massal. Sebuah budaya yang dilakukan bangsa-bangsa maju dan civilized. Indonesia akan tetap berkutat dalam kemunduran kalau masih stagnan pada budaya lisan dan enggan mereformasi diri.

Posted on 1 Juni 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: