Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika Wajib dan Peminatan Kurikulum 2013

Perubahan kurikulum sudah seharusnya dilakukan dan memang seharusnya berubah untuk mengikuti perubahan zaman yang dinamis, guna menyesuaikan dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi. Di beberapa negara maju perubahan kurikulum sudah menjadi agenda berkala, namun di negara kita perubahan kurikulum di sikapi dengan berbagai cara, ada yang setuju dan tidak sedikit juga yang kurang bahkan tidak setuju.  Apapun namanya dan sebagus apapun kurikulumnya, jika tidak di barengi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusianya, maka perubahan itu tidak akan berarti apa-apa.

Guru sebagai ujung tombak keberhasilan pelaksanaan kurikulum, harus memahami apa sebenarnya tuntutan kurikulum itu sendiri. Salah satunya memahami langkah-langkah prosedural yang harus dilakukan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Alhamdulillah saya diberikan kesempatan untuk mengikuti sosialisasi kurikulum 2013. berikut saya share beberapa silabus dan contoh RPP matematika SMA kurikulum 2013.

Berikut ini linknya:

11.RPP Matematika Kurikulum 2013 Kelas X SMA (hasil diklat Guru Inti)
Mencermati silabus dan RPP yang ada serta mengacu pada Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses, ada beberapa poin-poin penting yang bisa dijadikan pedoman dalam penyusunannya.

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan.

Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu dan digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Berikut ini rambu-rambu penyusunan RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 001Nama Sekolah      : ………………………….
Mata Pelajaran      : ………………………….
Kelas/Semester    : ………………………….
Materi Pokok         : ………………………….
Alokasi Waktu       : ………………………….A. Tujuan Pembelajaran
       => (hampir sama dengan Indikator)
B. Kompetensi Dasar
=> (copas dari permen no 69. KD1,2 selalu ikut, KD 3,4 menyesuaikan materi)
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
=> (melihat pada KD)
D. Materi Pembelajaran
=> (garis-garis besar saja)
E. Metode Pembelajaran
=> (jelas)
F. Media Pembelajaran
=> (jelas)
G. Sumber Belajar
=> (jelas)
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
=> (jelas)
I. Penilaian Hasil Belajar
=> (mencakup keseluruhan indikator)

Demikian sedikit ulasan tentang Silabus dan RPP Kurikulum 2013 Matematika SMA, semoga dapat memberikan sedikit gambaran tentang penyusunan Silabus dan RPP Matematika pada khususnya dan pemahaman tentang Kurikulum 2013 secara umum.

sumber: matematrik

Posted on 23 Agustus 2013, in Kurikulum 2013 and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: