Marin Mersenne

Marin Mersenne
(1588 – 1648)

Nama Mersenne selalu muncul pada riwayat Fermat, Descartes, Pascal, Roberval, dan Desargues. Memang nama Mersenne menjadi titik pusat atau alamat bagi korespondensi di antara para matematikawan itu tidak hanya dikenal dengan kaitannya dengan koneksi Perancis (French connection), tetapi juga menyebarkan karya-karya matematikawan terkenal Eropa lainnya. Siapakah Mersenne sehingga namanya begtu dikenal? Tidak banyak data menyangkut riwayat Mersenne.
Marin Mersenne menuntut ilmu di Mans College. Tahun 1604, dia menuntut ilmu selama lima tahun di College Jesuit di La Fleche, sebelum tahun 1609 sampai tahun 1611 dia mempelajari theologi di Sorbonne. Setelah selama setahun berpindah-pindah tempat sambil terus menuntut ilmu, dia diangkat menjadi Pastor di istana raja (the Place Royale).
Tahun 1614 sampai tahun 1618 mengajar filsafat di Nevers, sebelum tahun 1619 kembali ke Paris dan tinggal di sana. Tempat tinggalnya menjadi tempat pertemuan Fermat, Pascal, Roberval, Desargues dan akhirnya menjadi cikal-bakal terbentuknya Akademi Perancis (French Academy). Mersenne melakukan koresponden dengan para matematikawan ternama dan dia mempunyai peran besar dalam menyebarkan (ilmu) pengetahuan matematika ke seluruh benua Eropa, di mana saat itu belum ada jurnal atau terbitan sebagai wadah komunikasi antar komunitas matematikawan.
Mersenne sendiri melakukan penelitian tentang bilangan prima dan mencoba mencari rumus menemukan bilangan prima, meskipun akhirnya dia gagal.

2p-1, p adalah bilangan prima


Karya Mersenne
Tahun 1633 diterbitkan Traite des mouvements dan tahun 1634 menerbitkan Les Mechanique de Galilee yang merupakan versi kuliah Galileo tentang mekanika. Tahun 1639 mengalihbahasakan Dialogo dan Discorsi, keduanya adalah karya Galileo, ke dalam bahasa Perancis. Lewat jasa Mersenne karya-karya Galileo dikenal di luar Italia.
Setelah meninggal, di rumahnya terdapat 78 surat termasuk dari Fermat, Huygens, [John] Pell (1611 – 1685), Galileo dan Torricelli.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: