Henry Briggs

Henry Briggs
(1561 – 1630)

Masa Kecil
Tempat kelahiran Henry Briggs di Warley Wood, Halifax, Yorkshie, Inggris. Catatan kelahiran Briggs adalah tahun 1561, namun ada yang meperkirakan tahun 1556. Tidak banyak informasi tentang kedua orang tua Briggs, namun diperkirakan mereka berasal dari Norfolk, Blomefield. Disebutkan bahwa Richard Briggs, saudara kandung, Henry Briggs, menjadi kepala sekolah di Norfolk.  Henry kecil bersekolah di Warley Wood dimana dia fasih berbahasa Latin dan Yunani. Disusul masuk college St. John pada tahun 1577, menerima gelar B.A. pada tahun 1581 dan menerima gelar M.A. empat tahun sesudahnya. Tahun 1588, Briggs diangkat menjadi pengajar fisika di College St. John. Pada tahun yang sama Briggs juga menjadi penguji dan pengajkar matematika di universitas Cambridge.

Tahun 1596, Briggs menjadi profesor bidang geometri pertama di College Gresham, London yang baru berdiri. Mengabdikan dirinya menjadi pengajar di sini selama 23 tahun, dimana college ini menjadi cikal-bakal berdirinya Royal Society of London, pada kisaran 25 tahun setelah ditinggalkan oleh Briggs.

Bertandang ke John Napier
Briggs berteman dengan James Ussher yang dikenalnya pada tahun 1609. Ussher adalah profesor pada College Trinity di Dublin, sebelum diangkat menjadi uskup Armagh pada tahun 1625.  Dari surat antar keduanya, tersirat keinginan Briggs untuk mendalami astronomi dan mendalami elips. Topik yang banyak mengandung kalkukasi, sehingga begitu tertarik dengan karya [John] Napier tentang logaritma yang akan sangat membantu jika diaplikasikan dalam astronomi. Sebelumnya Briggs sudah menerbitkan Tabel untuk menentukan ketinggian kutub dengan daya magnetik tertentu (A Table to find the Height of the Pole, the Magnetic Declination) pada tahun 1602 disusul dengan Tabel-tabel  untuk membantu navigasi (Tables for the Improvement of Navigation) pada tahun 1610.

Briggs membaca karya Napier, untuk pertama kalinya, pada tahun 1614 dalam bahasa latin, sebelum melakukan kunjungan ke Edinburgh, puri tempat tinggal Napier pada tahun 1615.  Perjalanan lewat darat yang sangat jauh karena harus ditempuh dengan kareta kuda selama 4 hari. Pertemuan mereka berdua diawali dengan saling memuji kebehatan lainnya, sebelum terlibat dengan diskusi khusyuk. Dalam pertemuan ini Briggs mengusulkan agar logaritma menggunakan dasar 10 (seperti yang digunakan sekarang) dan Briggs akan menyusun tabelnya. Usulan itu ditanggapi oleh Napier bahwa karena kesehatan yang buruk tidak memungkinkan maka hal itu belum dikerjakan. Pertemuan ini berlangsung beberapa bulan sebelum Briggs pulang dan menyusun tabel yang dijanjikannya.

Setahun kemudian, Briggs datang bertandang dan kembali melakukan diskusi. Tidak lama, tahun 1617, Briggs menerbitkan karya tentang logaritma yang berjudul Logarithmorum Chilias Prima, di London. Namun pada tahun itu pula Napier meninggal. Nama dan sumbangsih Napier disebutkan dalam kata pengantar pada buku tersebut.

Tabel logaritma
Briggs menerbitkan karyanya dalam Arithmetica Logarithmica pada tahun 1624, dimana dalam buku ini disajikan logaritma bilangan asli dari 1 sampai 20.000 dan 90.000 sampai 100.000 dengan 14 angka di belakang koma. Terdapat pula fungsi-fungsi Sin dengan 15 angka di belakang koma, fungsi-fungsi Tg dan Sec dengan 10 angka di bekalang koma. Briggs menyarankan bahwa angka-angka yang tidak terdapat dapat dihitung dengan bantuan sekelompok orang dan menawarkan kertas yang dicetak khusus untuk maksud tersebut. Tabel – tabel lengkap dicetak di Gouda di Belanda. Poada tahun 1628, Vlacq menambahkan logaritma bilangan asli untuk 20.000 sampai dengan 90.000.  Sebelum meninggal Briggs, menyerahkan proyek ini ini kepada Gellibrand yang ketika itu adalah profesor astronomi di Gresham College dan sangat tertarik dengan aplikasi logaritma bagi trigonometri. Ketertarikan ini diungkapkan dengan menyisipkan aaplikasi logaritma untuk trigonometri bidang maupun trigonometri ruang.

Peninggalan Briggs
Disebutkan bahwa pada jaman itu, Inggris tidak terlalu memperhatikan geometri. Tahun 1619, Briggs mengajar di Oxford atas ajakan temannya, dan mulai mengenalkan geometri Euclid dengan mengajarkan 6 buku pertama Euclid. Kelak [isaac] Barrow, yang lahir pada waktu Briggs meninggal akan menduduki jabatan  profesor geometri pada Gresham College pada tahun 1662.

Sumbangsih
Penemuan logaritma tidak akan se-spektakuler seperti sekarang, tanpa kiprah Henry Briggs. Logaritma yang sekarang dipelajari disebut dengan sistem Briggian karena menganut sistem yang dicetuskannya. Pengenalan logaritma untuk aplikasi astronomi diawali oleh kiprak Briggs. Tidak dapat dilupakan Briggs juga berperan mengenalkan geometri di Inggris

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: